Sampah adalah suatu bahan atau benda padat yang sudah tidak dipakai lagi oleh manusia atau benda – benda padat yang sudah tidak digunakan lagi dalam suatu kegiatan manusia dan di buang (Soekijo, 2007). Persoalan sampah merupakan persoalan bersama yang perlu diatasi secara bersama oleh pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat. Meningkatnya jumlah penduduk dan aktifitas manusia maka jumlah sampah yang dihasilkan juga akan meningkat. Semakin maju tingkat kehidupan dan teknologi pada umummya akan meningkatkan jumlah sampah yang dihasilkannya. Peningkatan jumlah sampah ini perlu penanganan atau pengolahan agar tidak menimbulkan dampak bagi manusia dan lingkungan. 
Dalam kesehatan lingkungan pengelolaan sampah yang baik dengan menerapkan konsep 3R yaitu: (Ganefati, 2010). Reuse (penggunaan kembali) yaitu menggunakan sampah-sampah tertentu yang masih memungkinkan untuk dipakai kembali, Reduce (pengurangan) yaitu berusaha mengurangi segala sesuatu yang dapat menimbulkan sampah serta mengurangi sampah-sampah yang sudah ada, Recycle (daur ulang) yaitu menggunakan sampah-sampah tertentu untuk diolah menjadi barang yang lebih berguna 
Sampah yang banyak dihasilkan berasal dari aktivitas manusia yang dapat bersifat organik maupun anorganik. Contoh sampah organik adalah: sisa-sisa bahan makanan, kertas, kayu dan bambu. Sedangkan sampah anorganik berasal dari hasil dari proses pabrik, misalnya: plastik, logam, gelas, dan karet. Ditinjau dari jenis sampah yang ada dapat dikelompokkan menjadi sampah yang mudah terurai secara alami (degradable), sedangkan untuk sampah anorganik atau sampah kering dapat digolongkan menjadi sampah yang tidak dapat terurai (Tim Penulis Ps, 2008)
Dari berbagai sampah dapat didaur ulang menjadi barang yang berguna lagi.contohnya sampah dedaunan yang dapat diolah menjadi kompos dan beberapa sampah plastik yang dapat diolah menjadi bahan kerajinan seperti tas, tutup makannan, vas bunga dll. Pengolahan sampah ini dapat mengurangi jumlah sampah plastik tang di buang ke TPA. Karena sampah plastik termasuk jenis sampah yang tidak dapat terurai. Oleh karena itu, mari kita melakukan pengelolaan sampah untuk mengurangi jumlah sampah yang tertumpuk pada TPA.

                                                Vidio daur ulang sampah plastik